Video Tak Hafal Teks Pancasila Viral, Ketua DPRD Lumajang Mendadak Mundur dari Jabatannya.

LUMAJANG || Usai videonya viral karena tak hafal teks Pancasila saat menemui massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Kantor DPRD Lumajang, Jawa Timur, Rabu (7/9) lalu. Kini Ketua DPRD Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin mendadak mundur dari jabatannya.

“Saya minta maaf ke seluruh masyarakat dan anggota DPRD dan Pemerintah Kabupaten Lumajang, atas insiden tidak hafalnya saya melafalkan Pancasila. Apapun keadaan saya, saya merasa itu tidak pantas dilakukan atau terjadi pada ketua DPRD di mana pun atau siapa pun itu,” kata Anang, Senin (12/9).

Menurut Anang tindakan mundur dari jabatan Ketua DPRD ini merupakan keputusan final yang diambil dari pikiran dan hati nuraninya sendiri.

Baca juga:  Minyak Goreng Langka, Komunitas Wartawan Gresik Bersama Diskoperindag Bagikan Migor pada PKL

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Lumajang itu juga menegaskan keputusan tersebut diambilnya tanpa ada intervensi dan tekanan dari pihak manapun.

Baginya orang tidak hafal Pancasila bukan orang yang salah. Namun hal itu sangat tidak pantas jika dialami oleh seorang Ketua DPRD. Bahkan oleh semua anggota DPRD seluruh Indonesia.

Baca juga:  PPKM Level 3 Saat Nataru Batal, Hotel di Malang Tetap Terapkan Prokes yang Ketat. 

“Saya dengan hati yang sangat menyesal mengundurkan diri dari Ketua DPRD Kabupaten Lumajang. Ini untuk menjaga marwah DPRD Lumajang, untuk menjaga dan menjadikan pembelajaran siapa pun pemimpin di negeri ini,” ujar Anang. (iwan)