Gelar Muscab, DPC HNSI Kabupaten Gresik Akan Memperjuangkan Hak-Hak Para Nelayan 

GRESIK || Dewan pimpinan cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Gresik menggelar musyawarah cabang (Muscab). Acara berlangsung di Graha KOPSIYAH Mitra Usaha Ideal (MUI) jalan Pahlawan Desa Asempapak Kecamatan Sidayu. Inti acara muscab tahun ini adalah laporan pertanggungjawaban masa bhakti 2018-2023 dan memilih ketua HNSI DPC Kabupaten Gresik masa bhakti 2023-2028, Selasa (10/10/2023).

 

Pelaksanaan musyawarah cabang dihadiri dan dibuka kepala dinas perikanan Moh. Nadlelah, S.P., M.Si. mewakili Bupati Gresik yang berhalangan hadir. Turut hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI komisi VII ibu Dyah Roro Esti, W.P., B.A., M.Sc., Sekjen HNSI DPD Propinsi Jawa Timur H. Suyoto Muslih, M.Si. Forkopimda kecamatan Sidayu, 35 ketua Rukun Nelayan (RN) dari 7 kecamatan di kabupaten Gresik, serta perwakilan dari PGN SAKA dan Pertamina Bitumen Plant Gresik selaku sponsorship kegiatan ini.

Baca juga:  Bupati Gresik Gus Yani Respon Cepat Keluhan Warga Bawean

 

Dalam sambutannya Moh. Nadlelah, S.P, M.Si menyampaikan ” Tantangan yang akan dihadapi nelayan Gresik saat diberlakukan sistem penangkapan berbasis zonasi. Serta menurunnya PAD kabupaten Gresik yang berdampak tertundanya realisasi usulan pembangunan sarana dan prasarana nelayan Gresik. Menyikapi hal itu lebih lanjut Moh. Nadlelah, S.P, M.Si merekomendasikan pemanfaatan dana CSR untuk merealisasi pembangunan sarana dan prasarana nelayan yang dibutuhkan.

Baca juga:  Dua Begal Bercelurit Ditangkap Saat Hendak Gasak Sepeda Motor di Surabaya, Ngaku Ketagihan Judi Online

 

Dalam Muscab kali ini H. Samaun terpilih sebagai Ketua HNSI DPC. Kabupaten Gresik keempat kalinya secara aklamasi, dalam sambutannya H. Samaun menyampaikan “akan membawa HNSI DPC Kabupaten Gresik menjadi lebih baik. Dan dalam sambutannya Dyah Roro Esti, W.P., B.A., M.Sc., meski bukan kewenangan komisinya beliau akan tetap memperjuangkan masyarakat nelayan Gresik agar diperhatikan pemerintah pusat, seperti yang sudah dilakukan mengawal program bantuan mesin 1000 unit mesin ketinting berbahan bakar gas (LPG).

Baca juga:  Survei Indikator : Tingkat Kepercayaan Ke Polri Meningkat Jadi 70,8%

Di akhir sambutannya H. Samaun menyatakan “Semoga HNSI DPC Kabupaten Gresik semakin lebih baik kedepannya, sehingga HNSI DPC Kabupaten Gresik mampu memperjuangkan hak-hak nelayan. Kepengurusan HNSI DPC Kabupaten Gresik masih dibutuhkan dan perlu diperhatikan oleh kita semua, dalam rangka untuk kesejahteraan nelayan di Kabupaten Gresik.