Istimewanya Isra Miraj, dan Beberapa Amalan yang Bisa Kita Lakukan Pada Hari Tersebut

JATIMTIME.COM – NASIONAL ||Salah satu hari besar dalam agama Islam adalah hari peringatan Isra Miraj. Peristiwa Isra Miraj adalah terjadi tepat pada tanggal 27 Rajab pada suatu malam dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Peringatan Isra Miraj di tahun ini jatuh pada Senin, 28 Februari 2022 yang merupakan hari libur nasional di Indonesia.

 

Isra Miraj adalah peristiwa naiknya Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha untuk pertama kalinya menerima perintah salat dari Allah SWT. Pada perjalanan Isra Miraj, Rasulullah dkatakan menembus pintu-pintu langit bersama malaikat Jibril sambil bertemu dengan para Nabi lainnya di setiap pintu langit.

 

Selain itu, Rasulullah bertemu pula dengan 70 ribu malaikat di Baitul Makmur sampi di Sidratul Muntaha. Peristiwa Isra Miraj sangat berpengaruh bagi umat Islam, karena merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah salat dari Allah SWT.

Baca juga:  Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Media Vietnam Sebut Indonesia "Anak Emas" FIFA

 

Kala itu Baginda Rasulullah mengisi waktu usai Isya dengan tidur lebih awal agar bisa bangun pada sepertiga malam terakhir untuk salat. Namun, malam itu malaikat Jibril datang mengunjungi Rasulullah.

 

Jibril lalu mengajak Rasulullah keluar rumah dan bepergian, melaksanakan Isra Miraj. Rasulullah kemudian menaiki Buraq bersama Jibril dan Mikhail, untuk kemudian dalam sekejap melesat menuju Masjidil Aqsa. Usai salat, Rasulullah melanjutkan perjalanan menuju Baitul Maqdis.

Setiba di sana, Rasulullah disambut Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan para nabi lainnya. Allah SWT telah mempersiapkan mereka agar bertemu dengan Rasulullah. Setelah itu, mereka salat berjemaah dengan Rasulullah sebagai imam.

 

Saat berada di langit ketujuh, Rasulullah bertemu dengan Nabi Ibrahim yang perawakannya sangat mirip dengannya. Dari perjalanan ini Rasulullah mendapatkan banyak sekali pesan dari para nabi lain untuk penyebaran Islam kepada umat muslim.

Baca juga:  Inilah Risma, Hafizah Cilik Asal Gresik Yang Curi Perhatian Dalam Ajang Hafiz Indonesia 2023

 

Berikut beberapa amalan Isra Miraj, yang bisa kita lakukan.

1. Perbanyak Istighfar

Memperbanyak istigfar dapat memberikan ketenangan dalam hati, meringankan beban dan kesusahan.

 

Perbanyak istighfar di bulan Rajab, bisa mendapatkan pengampunan dosa dari Allah.SWT bulan Rajab sebagai bulan istighfar karena Allah dan amalan yang dapat dibaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore hari.

 

2. Berpuasa

Berpuasa di bulan Rajab hukumnya sunnah bila dilaksanakan sewaktu-waktu. Perbanyak puasa di bulan Rajab, untuk mendapat keberkahan sama seperti melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, tiga kali dalam setiap bulan.

 

Untuk nian puasa di bulan Rajab :

Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa

 

3. Perbanyak Membaca Doa

Perbanyak membaca doa dan dapat membaca doa Rajab sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Baca juga:  GUS YANI AKAN KENALKAN POTENSI DAN KEUNGGULAN DAERAH MELALUI APKASI

 

Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa

 

“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.”

 

4. Perbanyak Dzikir

Perbanyak dzikir dapat dilakukan umat muslim jelang Isra Miraj, dilansir dari alhilal.co.id, meningkatkan ibadah serta memperbanyak amalan, salah satunya dengan berzikir

 

Hadits ini secara sanad dhaif, namun Syaikh Al-Albani mengatakan isi hadits tersebut shahih karena memiliki berbagai macam penguatan. Meski begitu, mayoritas ulama tidak mewajibkan dzikir dibaca pada malam Isra Miraj. Dzikir dapat dibaca kapan saja dan dalam keadaan apapun.

 

5. Perbanyak Sholat Sunnah

Seperti dilansir infosumsel.id dari bincangsyariah.com, dapat melakukan sholat sunnah mutlak sebanyak dua belas rakaat dengan melakukan salam setiap dua rakaat dan boleh dilaksanakan setelah shalat Maghrib ataupun setelah shalat Isya. (iwan)