Terima Kunker Pemkab Malang, Gresik Tatap Kolaborasi Diberbagai Sektor Demi Kemajuan. 

GRESIK || Dengan semangat kolaborasi dua daerah di berbagai sektor, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman, beserta jajaran menerima kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Malang mulai dari bupati dan wakil bupati Kabupaten Malang, Sekda Kabupaten Malang, hingga jajaran eselon II dan Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan. Pertemuan ini diselenggarakan di ruang Graita Eka Praja lantai 2 Kantor Bupati Gresik, hari Selasa (26/07) siang.

 

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengungkapkan bahwa sinergitas kedua wilayah memang dibutuhkan untuk saling mendukung pertumbuhan pembangunan kedua wilayah.

Baca juga:  Dilengkapi Tongkat dan Baret, Seragam Baru BPN Diharapkan Membawa Kewibawaan.

 

“Lewat kegiatan ini, kami dari Kabupaten Gresik juga bisa belajar dari Kabupaten Malang, dan tentunya kami juga bisa memberikan informasi apa-apa saja yang sudah Kabupaten Gresik lakukan selama ini. Tapi yang perlu kita garis bawahi bahwasanya dalam kegiatan ini ada tindak lanjut terkait dengan kerja sama antar kabupaten/kota yang perlu kita realisasikan. Karena saat ini adalah era kolaborasi dan koneksi antar kabupaten/kota ini harus terbangun,” ujar Bupati Yani.

 

Senada dengan Bupati Yani, Bupati Kabupaten Malang, Sanusi menyebut kunjungan ini dilakukan dalam rangka silaturahmi dan saling berbagi pengalaman dan masukan terkait berbagai sektor yang ada dalam wilayah masing-masing. Menurutnya, Kabupaten Gresik ini sangat bisa menjadi suatu sekolah pembelajaran bagi Kabupaten Malang.

Baca juga:  ADWI Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Kecamatan Sokobanah

Beberapa hal yang menarik minat rombongan Pemerintah Kabupaten Malang berkunjung ke Kabupaten Gresik diantaranya adalah terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), perizinan, serta pengelolaan pariwisata yang ada di Kabupaten Gresik. Seperti yang diketahui di Kabupaten Gresik sudah ditetapkan adanya Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni KEK Gresik (Jiipe) yang ada diwilayah Kecamatan Manyar. Terkait perizinan, erat kaitannya dengan pencapaian Kabupaten Gresik yang mendapatkan penghargaan nasional terkait investasi dari Kementerian Investasi/BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Republik Indonesia. Penghargaan diberikan atas capaian realisasi investasi Kabupaten Gresik pada 2021 karena melampaui target yang dicanangkan.

Baca juga:  Masuk Proses Tender, Ruas Betoyo Dagang Ditargetkan Selesai Akhir Tahun Ini

 

Pada kesempatan yang sama, masing-masing Sekda dari Kabupaten Gresik dan Malang saling menyampaikan paparan dari masing-masing wilayahnya, dan kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing dan tanya jawab.

 

Sekda Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman dalam keterangannya menjelaskan bahwa kegiatan hari ini akan terus ditindak lanjuti dengan MoU untuk kemudian dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama antar OPD diantara kedua Kabupaten.