Selamatkan Pelayanan Air Bersih Untuk Masyarakat, Gus Yani Resmi Pecat Direksi PDAM Kabupaten Gresik 

GRESIK, JATIMTIME.COM – Persoalan pelayanan air bersih dari Perumda Giri Tirta (PDAM) Kabupaten Gresik yang buruk telah menjadi sorotan beberapa pihak dan memunculkan banyak keluhan masyarakat di berbagai daerah. Hal ini yang mendasari Bupati Gresik Fandi Akhamd Yani untuk mengambil langkah cepat untuk memulihkan pelayanan pokok masyarakat yaitu suplai air bersih. Langkah tersebut dengan mengganti jajaran direksi Perumda PDAM Gresik mulai 31 Desember 2021.

Pemberhentian Direksi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Gresik Nomor 821.2/708/HK/437.12/2021 tentang Pemberhentian Siti Aminatus Zariyah, SE dari Jabatan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Giri Tirta Kabupaten Gresik, juga Surat Keputusan Bupati Gresik Nomor: 821.2/709/HK/437.12/2021 tentang Pemberhentian Harisun Awali ST, MT dari Jabatan Direktur Teknik Perusahaan Umum Daerah Giri Tirta Kabupaten Gresik.

Langkah ini sebagai bentuk langkah lanjutan setelah proses audit dari Inspektorat Pemkab Gresik terkait penggunaan anggaran penyertaan modal Perumda Tirta Giri senilai Rp.25 milyar dari tahun 2019-2020.

Dalam surat keputusan Bupati Gresik itu disebutkan laporan hasil audit tertentu terkait penyertaan modal pada PDAM Gresik nomor: X.700/158/437.72/2021 tanggal 22 Oktober 2021 oleh Inspektorat Pemkab Gresik, menyimpulkan adanya penyertaan pemanfaatan modal Pemkab Gresik kepada PDAM Giri Tirta Gresik pada tahun 2019 yang penggunaannya di luar peruntukannya.

Baca juga:  Bupati Sampang dan Wakil Bupati Sampang Launching Pelayanan Rawat Jalan Di RSUD Dr. Muhammad Zyn

Bupati Gresik yang akrab dipanggil Gus Yani membenarkan kabar tersebut dan menyebutkan bahwa langkah ini bertujuan untuk menyelamatkan PDAM dan memperbaiki pelayanan air bersih kepada masyarakat.

“Memang benar terhitung mulai tanggal 31 Desember kemarin terjadi pemberhentian jajaran Direksi Perumda Giri Tirta Karena memang manajemen PDAM butuh pembenahan menyeluruh dikarenakan masyarakat butuh pelayanan yang lebih baik lagi. Hal ini dengan jalan membenahi manajemen Perusahaan,” tegas Gus Yani, Minggu (2/22).

Baca juga:  Festival OMS Digelar, Wabub Gresik Apresiasi Puluhan Produk Dan UMKM Yang Inovatif

Gus Yani menunjuk Gunawan Ir. GUNAWAN SETIJADI, M.M., Asisten II Pemkab Gresik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (Perumda) Giri Tirta Gresik per 31 Desember 2021 untuk menggantikan Siti Aminatus Zariyah. (iwan)