Berita  

ESTAFET BENDERA PATAKA JER BASUKI MAWA BEYA TIBA DI GRESIK

GRESIK ||  Kirab bendera pataka jer basuki mawa beya telah tiba di Kabupaten Gresik hari ini, Kamis (06/10/2022). Gresik menjadi salah satu Kabupaten yang menerima estafet diantara 38 Kabupaten/kota dalam rangkaian menuju Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur ke-77 mendatang.

 

Kirab bendera pataka tiba di Pendopo Kabupaten Gresik setelah menempuh perjalanan dari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kirab yang akan menempuh jarak 1900 Km itu menyalurkan spirit serta merupakan momentum untuk menerapkan tagline andalan Jatim yakni optimis bangkit.

 

Setibanya di depan pendopo Kabupaten Gresik, bendera pataka tersebut disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Washil Miftachul Rachman bersama para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Gresik.

Baca juga:  Desa Wisata Gresik, Strategi Jitu untuk Solusi Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan 

 

Bendera dan pataka yang dikirab yaitu Bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Pamong Praja-Praja Wibawa, Pataka Satuan Pelindungan Masyarakat-Linmas,  Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan-Yudha Brama Jaya, dan Bendera Logo Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

 

Setelah dikirab dari Kabupaten Mojokerto menuju Kabupaten Gresik, telah dilaksanakan penjemputan tim di perbatasan Balongpanggang Gresik. Pada prosesi upacara, dilaksanakan serah terima pataka dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kabupaten Mojokerto kepada Sekda Gresik. Kemudian Sekda Gresik menyerahkan pataka kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Gresik. Selain itu, Sekda juga menerima Ripta Prasasti (prasasti yang ditulis di atas daun lontar).

 

Usai prosesi upacara serah terima, Sekda Gresik mengatakan, atas nama masyarakat dan Pemkab Gresik memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Satpol PP Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Gresik beserta jajaran tim kirab atas seluruh semangat dan upayanya dalam membawa bendera pataka hingga sampai di Kabupaten Gresik dengan lancar.

Baca juga:  Luar Biasa, SD MUHAMMADIYAH 3 Gresik Raih Gelar Juara Sekaligus Top Skor Turnamen K3S Futsal Competition 2023.

“Kirab Bendera Pataka lambang Provinsi Jawa Timur, Jer Basuki Mawa Beya ini sebagai rangkaian peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur Ke-77 yang akan diperingati pada 12 Oktober mendatang,” Sekda Washil.

 

Menurut Sekda, kirab pataka ini diharapkan bisa menginspirasi dan memotivasi masyarakat Kabupaten Gresik dengan slogan Optimis Jatim Bangkit yang digaungkan Gubernur Jawa Timur.

 

“Saya berharap bisa menambahkan semangat warga Kabupaten Gresik untuk bangkit, pulih lebih cepat dalam menggerakkan perekonomian daerah dan membangun daerah menuju kesempurnaan,” ujarnya.

Baca juga:  FSGI Kecam Kasus Kekerasan Guru yang Celupkan Tangan Siswa ke Air Mendidih

 

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit, terang sekda Washil, juga merupakan salah satu momentum dimana seluruh pemerintah kabupaten/kota di Jatim dapat memperkuat sinergitas dan kolaborasi serta kerjasama dalam membangun Jawa Timur.

 

“Sebagaimana arahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sinergitas, kolaborasi, dan kerja sama adalah kunci keberhasilan menuju pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya