Diduga Korsleting, Sebuah Mobil Ludes Terbakar di Trenggalek Hingga Meledak. 

TRENGGALEK || Sebuah mobil hangus terbakar di parkiran rumah sesaat setelah sang pemilik menyalakan mesin untuk dipanasi. Mobil yang terbakar yakni Toyota Avanza milik Yuyun Aningsih, warga Dusun Kedungdowo, Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak Trenggalek, (6/8/2022).

 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Trenggalek Triadi Atmono melalui pesan singkat membenarkan kejadian tersebut dan menginformasikan lokasi kejadian kebakaran yang terjadi pada Sabtu sekitar pukul 11.00 WIB tersebut.

 

“Mobil terbakar ketika masih berada di tempat parkir rumahnya,” ujar Triadi Atmono.

 

Triadi Atmono juga menjelaskan, sebelum dinyalakan untuk dipanasi, mobil selalu tertutup menggunakan cover mobil dan hanya dibuka setengah untuk dipanasi.

Baca juga:  Resmi! Peserta Lengkap Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

 

“Ketika dipanasi, bagian belakang mobil masih tertutup cover,” ujar Triadi.

 

Awal mobil dinyalakan tidak terlihat tanda-tanda kerusakan pada mobil. Namun tidak lama kemudian setelah mobil dinyalakan, muncul asap dari kap mesin mobil.

 

Mengetahui ada asap, Yuyun langsung menjauh dari dalam kabin mobil. Salah satu anggota keluarga, Sudjito, yang tidak jauh dari posisi mobil, mendekat hendak membuka penutup mobil. Namun karena tidak tahu ada asap dari kap mesin, Sudjito terkena ledakan panas.

 

“Bapak Sudjito tidak tahu ada asap dari kap mesin. Dan terjadi ledakan panas,” terang Triadi.

Baca juga:  Sambut Generasi Emas 2045, Baznas Gresik Salurkan Ratusan Juta Rupiah Untuk Beasiswa Mahasiswa Produktif.

 

Akibat ledakan panas atau backdraft, Sudjito mengalami luka bakar ringan di bagian tangan dan wajah. Ia kemudian dibawa ke Puskesmas Kampak guna menjalani perawatan medis.

“Sebelum kembali ke mako, personel kami membawa korban luka ke Puskesmas agar mendapat perawatan,” terang Triadi.

 

Melihat kejadian tersebut, Yuyun memanggil suami dan beberapa tetangga lainnya ketika api mulai muncul dan membakar beberapa bagian mobil.

 

Dibantu warga sekitar mereka berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Karena api semakin membesar dan membakar hampir seluruh bagian mobil, warga lain melapor ke pemadam kebakaran Trenggalek.

Baca juga:  Turut Serta Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Upaya Gresik Ciptakan Generasi Anti Stunting

 

Mendapat laporan tersebut, sejumlah petugas beserta 2 unit mobil pemadam kebakaran, menuju lokasi. Setibanya di lokasi, api masih berkobar membakar seluruh bagian mobil.

 

Selama sekitar 20 menit, petugas pemadam kebakaran Trenggalek melakukan penyemprotan dan pembasahan sekitar titik lokasi kebakaran.

 

Atas kejadian ini, pemilik mobil mengalami kerugian mencapai Rp 100 juta lebih. Sedangkan penyebab kebakaran mobil tersebut diduga karena gangguan pada sistem kelistrikan.

 

“Diduga terjadi korsleting pada sistem kelistrikan mobil tersebut dan tidak ada korban jiwa,” ujar Triadi. (iwan)