Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah Hadiri _Summit_ Kabupaten/Kota Sehat 2022

JATIMTIME.COM – GRESIK || Mengawali awal pekan sebelum memasuki bulan Ramadhan, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah melakukan kunjungan ke Kota Semarang.

 

Kota Semarang menjadi tuan rumah dalam ajang Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022. Kegiatan yang dihelat dari tanggal 27-30 Maret 2022 ini dihadiri oleh perwakilan Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota, baik dari Pemerintahan maupun Forum Provinsi/Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia.

 

Kabupaten/Kota Sehat ( _Healthy Cities_ ) pertama kali diperkenalkan oleh _World Health Organization_ (WHO) pada pertengahan tahun1980-an. Konsep Healthy Cities dianggap sebagai pendekatan komprehensif yang bertujuan untuk menjadikan lingkungan perkotaan menjadi lebih sehat.

Baca juga:  Mengakselerasikan Upaya Smart City, Wabup Gresik Mengikuti Kegiatan Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022

 

Komprehensif dapat diartikan bahwa konsep _Healthy Cities_ bertujuan untuk mampu menanggulangi permasalahan kompleks yang ditimbulkan karena urbanisasi, antara lain: kepadatan penduduk dan kesemrawutan; permasalahan sanitasi dan ketersediaan air bersih; permasalahan transportasi dan mobilisasi; permasalahan polusi karena industrialisasi dan transportasi, produksi energi dan limbah domestik; pengangguran dan kriminalitas, dan lain-lain. Hingga saat ini, konsep _Healthy Cities_ telah dilaksanakan oleh banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Kegiatan _Summit_ Kabupaten/Kota Sehat Indonesia yang diadakan di Kota Semarang ini sejatinya bukan yang pertama dilaksanakan, tercatat kegiatan ini telah dilaksanakan beberapa kali, yaitu: (1).Tahun 2012 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan; (2).Tahun 2014 di Kota Denpasar, Bali; (3).Tahun 2016 di Kota Padang, Sumatera Barat; dan (4).Tahun 2018 di Kota Tangerang, Banten.

Baca juga:  Dishub DKI Akui Volume Kendaraan di Jakarta Meningkat Meski ASN WFH

 

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin ini memiliki tujuan besar yakni mengembangkan ide/gagasan/inovasi dalam pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia sebagai salah satu cara dalam percepatan pembangunan dan upaya meningkatkan pencapaian indikator-indikator pembangunan di daerah.

Baca juga:  129 ASN Gresik Sumpah Jabatan, Gus Yani Inginkan Pelayanan Maksimal Pada Masyarakat

 

Kegiatan ini juga menghadirkan banyak tokoh nasional dari kementrian/pemerintahan, akademisi serta dari forum provinsi/kota sehat untuk bertindak sebagai _keynote_ yang menyampaikan berbagai materi dalam usaha-usaha pengembangan kesehatan Kabupaten/Kota dalam mewujudkan _Healthy Cities

 

Kabupaten Gresik yang hingga saat ini telah meraih berbagai penghargaan diantaranya seperti Anugerah Parahita Eka Praya, Swasti Saba Wistara kabupaten/kota sehat, Kota Layak Anak Tingkat Madya, tetapi tentunya tidak berhenti disitu karena tahun ini Pemerintah Kabupaten Gresik menargetkan untuk terus meningkatkan penghargaan yang telah dicapai sebelumnya. (red)