Wabup Beri Pesan Ini Untuk Mahasiswa Baru UQ

GRESIK || Sebanyak 305 mahasiswa baru (maba) Universitas Qomaruddin (UQ), mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 12 hingga 13 September 2022.

 

Pada pelaksanaannya, PKKMB Universitas Qomaruddin Bungah yang diikuti sebanyak 305 mahasiswa baru tersebut terbagi dalam 3 Fakultas, yakni Fakultas Agama, Fakultas Tehnik, dan Fakultas Pendidikan.

 

Kegiatan bertema _Universitas Qomaruddin Bangkit Bersinergi Membentuk Mahasiswa Berkarakter Pesantren, Inovatif dan Tangguh Melalui Merdeka Belajar di Era Society 5.0_ dihadiri secara langsung Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd didampingi pengurus dan pemangku Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah K.H. Nawawi Sholeh dan K.H. Iklil Sholeh.

Baca juga:  Ngaji Kebangsaan, Wabup Berpesan Jadikan Perayaan Kemerdekaan Sebagai Momentum Bangkit Dari Pandemi

 

“Kita harus bangga menjadi mahasiswa Universitas Qomaruddin, jangan berkecil hati dengan mahasiswa yang diterima di Universitas manapun, tapi tidak boleh hanya bangga saja namun kita harus bekerja keras, sering – sering membaca buku dan belajar sendiri di luar kuliah” kata Wabup dalam sambutannya, Senin (12/9/2022).

 

Dikatakan, sebagai mahasiswa harus mempunyai waktu sendiri selain kuliah. Yaitu dengan sering membaca buku. Buku merupakan jendela dunia, banyak ilmu pengetahuan didalamnya, kudu diwajibno moco buku (harus diwajibkan membaca buku).

 

Mantan Kepala Sekolah SMK As’aadah itu juga menambahkan, mahasiswa juga harus aktif di organisasi baik di intra dan ekstra kampus, serta berorganisasi dengan lingkungan masyarakat.

Baca juga:  Wabup Harapkan PATBM Dapat Memberikan Hak dan Perlindungan Anak

 

“Sejak awal kita harus mempunyai minset wira usaha dan tidak berpikir langsung mencari pekerjaan setelah lulus dari sini,” ucap Bu Min sapaan akrab Wabup.

Setidaknya, timpal Bu Min, ada dua jalur karier yang akan ditempuh pasca lulus kuliah. Di antaranya menjadi pengusaha dan sebagai karyawan atau pegawai.

 

Menurut dia, pentingnya menanamkan kesadaran wirausaha sejak usia muda bukan tanpa alasan.

 

“Selain memiliki kesempatan luas mengembangkan usahanya, memulai usaha sejak masih muda dapat menumbuhkan sikap mandiri,” tuturnya.

 

Ditambahkan, generasi muda adalah sumber daya produktif, yang dengan ide kreatifnya dapat membuka sebuah usaha (wirausaha), yang juga membantu  pemerintah dalam mengurangi tingkat  pengangguran di angkatan kerja produktif.

 

“Kita harus bisa merencanakan sesuatu sesuai skenario kita masing – masing, ketika menjadi mahasiswa kalian akan mempunyai banyak teman dan kelompok yang positif, baik untuk mendiskusikan tugas kuliah maupun mengkaji suatu keilmuan di Universitas Qomaruddin Bungah,” pungkas wabup.

Baca juga:  Sukses Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Kabupaten Gresik Diganjar Penghargaan iBangga

 

Sebelumnya kegiatan juga diisi dengan curiculum vitae tentang visi presiden berkaitan dengan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) oleh kepala BNNK Gresik AKBP Kartono.