Setelah Menjadi Polemik, Seragam Baru Satpam Mulai Dipamerkan 

JATIMTIME.COM – NASIONAL || Kemiripan seragam satpam dengan seragam polisi menuai polemik. Masyarakat menjadi bingung membedakan keduanya. Hal ini diakui oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. “Menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam,” kata dia, pada 12 Januari 2022 lalu.

 

Seragam baru Satpam atau Satuan Pengamanan resmi diganti menjadi warna krem dengan bawahan cokelat tua. Seragam tersebut sudah digunakan oleh para anggota satuan mulai Rabu, 2 Februari 2022 di acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-41 Satpam yang diadakan di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri.

Baca juga:  Rekening Warga Sampang di Bank BCA Tiba-tiba Raib, Berikut Kronologinya. 

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan penggunaan seragam baru Satpam akan disosialisasikan secepatnya. Menurut dia, kebijakan tersebut sudah melalui kajian akademik yang komprehensif.

Baca juga:  Tinggalkan Pelayanan Kesehatan, Bupati Sumenep Resmikan Gedung Puskesmas Baru Nonggunong

 

“Secepatnya akan dilakukan revisi dan tahun depan akan diberlakukan untuk seragam Satpam yang baru. Tahun ini masih transisi,” ujar Dedi.

 

Pengenalan seragam itu dilakukan setelah warna seragam baru satpam berganti dari warna coklat muda menjadi warna krem. Perubahan itu dilakukan setelah banyak menuai pro dan kontra karena dianggap mirip dengan seragam anggota Polri yang membuat masyarakat kesulitan untuk membedakan antara polisi dengan petugas satpam.

Baca juga:  Kunjungi Desa Sumurber Bupati Gus Yani Tegaskan Pentingnya Kerukunan dan Kebersamaan Untuk Dukung Pembangunan

 

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku pemimpin upacara mengungkapkan bahwa satpam merupakan profesi yang mulia dan merupakan bagian dari mitra Polri dalam membantu tugas-tugas kepolisian. Lebih lanjut, kata Sigit, kehadiran satpam diperlukan dalam rangka mencegah dan mengamankan keamanan di sekitar lingkungan masyarakat. (iwan)