Berita  

Intensitas Hujan di Beberapa Kota Besar, Jawa Timur Masuk Kategori Waspada Rawan Bencana. 

JAKARTA || Peringatan potensi hujan deras akan turun di sebagian besar wilayah provinsi di Tanah Air, termasuk beberapa kota besar disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

 

Dikutip dari situs BMKG dari Jakarta, Senin, beberapa kota besar yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali berpotensi turun hujan dalam beberapa hari kedepan.

 

Hujan lebat juga diprakirakan terjadi di beberapa daerah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga:  Pengemudi Avanza Kejang-kejang Hingga Meninggal di Blauran Surabaya

 

Sementara itu, wilayah Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

 

Secara khusus, sejumlah kota besar dapat mengalami hujan lebat pada hari ini termasuk Yogyakarta, Jambi, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin dan Kupang. Hujan intensitas sedang berpotensi turun di Bandar Lampung, Ambon, Padang dan Medan.

Baca juga:  Menghadapi Suhu Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips yang Bisa Dilakukan

 

Untuk wilayah Jakarta, lima wilayah administrasi dan Kepulauan Seribu diprakirakan mengalami cuaca cerah berawan sepanjang hari ini.

 

BMKG memperingatkan wilayah NTT masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

 

Sementara kategori waspada pada hari ini sampai Selasa pagi (22/11) berlaku untuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca juga:  Prediksi Cuaca Sebagian Besar Kota di Jawa Timur, Gresik Diperkirakan Berawan Dua Hari Kedepan

 

Selain itu, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara,dan Papua. (iwan)