Gresik Bandeng Fest Hadirkan Chef Juna Targetkan Menu Ikan Bandeng Jadi Primadona Baru Pecinta Kuliner 

GRESIK, JATIMTIME.COM – Pemerintah Kabupaten Gresik bekerjasama dengan Bank Indonesia kali ini sukses menyelenggarakan even Gresik Bandeng Fest yang digelar di Alun-alun Kabupaten Gresik. Acara Gresik Bandeng Fest kali ini dihadiri oleh Bupati Gresik, Gus Yani bersama dengan Wakilnya, Aminatun Habibah, Ketua Komisi Xl, M. Sarmuji, SE., M.Si.serta Kepala Perwakilan BI Prov. Jatim, Budi Hanoto. Even ini menghadirkan Guest Star dari salah satu juri MasterChef Indonesia yaitu, Chef Juna. Rencananya even ini juga akan diisi dengan Demo masak oleh Chef Juna dan lomba memasak ikan Bandeng.

Juna Rorimpandey atau yang lebih dikenal dengan Chef Juna merupakan salah satu juru masak profesional asli Indonesia yang hingga saat ini menjadi juri dalam ajang lomba memasak terbesar di Tanah Air yaitu, MasterChef Indonesia. Dalam kesempatan kali ini Chef Juna akan menjadi juri dalam lomba memasak ikan Bandeng yang diikuti oleh perwakilan UMKM dan unit kelompok masyarakat. Selain itu Chef Juna sendiri akan memperagakan demo memasak yang bahan baku utamanya dari ikan Bandeng.

Gresik juga dikenal sebagai penghasil komoditas ikan bandeng terbesar di Indonesia. Kapasitas produksi ikannya mencapai 87 ribu ton per tahun, dengan nilai ekonomi menembus Rp1 trilun. Even Gresik Bandeng Fest ini sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Gresik untuk terus menggali potensi komoditi unggulan dibidang perikanan tersebut. Tidak sekadar menjualnya secara mentah, para warga juga dibekali agar dapat mengolah ikan bandeng menjadi olahan makanan yang memiliki daya saing.

Baca juga:  Luar Biasa! Produk UMKM Gresik Tembus Pasar Jepang Dan Malaysia. 

Chef Juna juga tampak kagum melihat antusias peserta Bandeng Fest 2021. Menurutnya, Kabupaten Gresik hebat lantaran mengajak masyarakat umum untuk terlibat langsung dalam melakukan branding olahan bandeng melalui event bergengsi kali ini.

“Hebat untuk Kabupaten Gresik. Olahan masakannya juga sangat bercitarasa. Namun namanya perlombaan, pasti ada yang terbaik dari yang baik. Is the best for Gresik,” pungkasnya.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menuturkan bahwa pemilihan Chef Juna sebagai bintang tamu di acara ini diharapkan untuk memunculkan resep-resep baru berbahan baku ikan Bandeng yang nantinya bisa di gemari para pecinta kuliner nasional bahkan internasional.

“Chef Juna adalah profesional dibidang kuliner, mudah-mudahan ditangan seorang profesional nantinya muncul produk olahan berbahan dasar ikan Bandeng yang unggul dan bisa menembus pasar nasional bahkan internasional.” tutur Bupati yang akrab dipanggil Gus Yani.

Baca juga:  250 Kelompok Tani Di Kabupaten Gresik Terima Bantuan Puluhan Ribu Liter Pupuk Cair Hayati Dari Kementan RI

Selain itu Gus Yani menjelaskan tentang potensi yang besar dari komoditas ikan Bandeng ini yang sangat tinggi untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat Kota Gresik.

” Terselenggaranya acara ini merupakan salah satu komitmen pemerintah atas perhatian terhadap UMKM Kabupaten Gresik. Kami melihat peluang itu di komoditas ikan bandeng yang pertahunnya bisa mencapai 87 ribu ton.” terang Gus Yani.

Diakhir sambutan ada yang menarik dari jargon yang diucapkan Gus Yani yakni ” Gresik ya Bandeng Bandeng ya Gresik.” yang mempunyai arti semakin menegaskan bahwa Bandeng Gresik siap manjadi Primadona di pasar kuliner Nusantara. (iwan)