Facebook Resmi Berubah Nama Menjadi Meta, Lalu Bagaimana Dengan WhatsApp? 

JATIMTIME.COM – CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaannya sekarang akan dikenal sebagai Meta atau Meta Platform. Lantas, bagaimana dengan nasib aplikasi WhatsApp?

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang menjadi salah satu produk Facebook. Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu telah mengakuisisi WhatsApp sejak 2014 silam.

Selama berdiri di bawah naungan Facebook, WhatsApp menjadi aplikasi populer yang memiliki berbagai fitur. Salah satunya sering kita menjumpai tulisan ‘WhatsApp from Facebook’ saat membuka aplikasi dan laman pengaturan.

Hal itu karena Facebook memiliki wewenang atas aplikasi WhatsApp. Cara tersebut juga merupakan salah satu strategi yang dimaksudkan untuk membedakan Facebook sebagai perusahaan induk dari semua aplikasi yang dimilikinya.

Baca juga:  Pantauan LFNU Gresik, Hilal Tidak Terlihat di Balai Rukyat Bukit Condrodipo

Selain itu, cara ini juga dapat menekankan bahwa Facebook memiliki berbagai produk berbeda mulai dari WhatsApp, Instagram, Oculus hingga Calibra. Namun kini, Facebook mengumumkan pergantian nama menjadi Meta.

Dilansir laman India, perubahan nama itu mungkin membawa sedikit pengaruh pada WhatsApp. Tak lama lagi, tulisan ‘WhatsApp from Facebook’ akan segera berganti menjadi ‘WhatsApp by Meta’.

Meski begitu, perubahan ini belum terjadi secara merata untuk seluruh pengguna WhatsApp. Menurut laporan WABetaInfo, hanya versi beta dari aplikasi WhatsApp yang sudah memperlihatkan pergantian nama.

Baca juga:  Luar Biasa, Dua Remaja Cantik Asal Gresik Diam-diam Raih Juara Istanbul Youth Summit 2022 di Turki. 

Perubahan nama ini diperkirakan akan terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Kemungkinan, tulisan ‘WhatsApp from Facebook’ baru akan berganti setelah WhatsApp merilis versi terbaru yang lebih stabil.

Dalam versi terbaru untuk saat ini, tulisan ‘WhatsApp from Facebook’ tengah dihilangkan sampai WhatsApp merilis pembaharuan berikutnya, Bunda.

Beberapa beta tester juga menemukan sejumlah glitch berupa splash screen pada perangkat iOS. Masalah ini tengah berada dalam perbaikan agar tak muncul di versi berikutnya.

Facebook sendiri didirikan pertama kali oleh Mark Zuckerberg dan beberapa temannya yang merupakan seorang mahasiswa di Universitas Harvard. Mereka kemudian meluncurkan Facebook pada tahun 2004 silam.

Baca juga:  Terkendala Komunikasi, Upaya Pembebasan Pilot Susi Air Tetap Pada Jalur Negosiasi 

Nama Facebook sendiri diambil dari buku yang diberikan pada mahasiswa tahun pertama oleh pihak kampus di Amerika Serikat. Tujuannya adalah agar para mahasiswa bisa mengenal mahasiswa lainnya satu sama lain.

Demi untuk penekanan fokus baru perusahaan, Zuckerberg mengatakan nama Facebook tidak lagi sesuai dengan identitas perusahaan yang ingin lepas dari citra perusahaan media sosial. Apalagi kini mereka memiliki Instagram dan WhatsApp, jadi penggunaan nama Facebook kurang cocok mewakili identitas perusahaan. (iwan)