Dipandang Sebelah Mata Oleh Rival, Tim Garuda Siap Berikan Kejutan di Turnamen AFF Cup 2020 

NASIONAL, JATIMTIME.COM – Tim nasional (Timnas) Indonesia bakal mengawali pertarungan pembuka mereka di fase Grup B Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12/2021) sore WIB. Lawan pertama akan dihadapi tim berjuluk Garuda tersebut di Piala AFF 2020 adalah Kamboja.

Namun tim Garuda pada gelaran tahun ini kurang diunggulkan oleh beberapa rivalnya bahkan cenderung dipandang sebelah mata. Salah satunya Legenda Timnas Malaysia, Safee Sali, memprediksi Timnas Indonesia tidak akan lolos dari fase grup Piala AFF 2020. Menurut pemain 37 tahun itu, Skuad Garuda saat ini berisi pemain muda dan minim pengalaman.Menurutnya dua tim yang punya peluang besar lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020 dari Grup B yaitu Malaysia dan sang juara bertahan Vietnam.

Mantan pemain Pelita Jaya itu kurang menjagokan tim Garuda lolos babak selanjutnya. Menurut Safee, para pemain Garuda yang didominasi pemain muda sangat miskin pengalaman dan masih belum siap untuk turnamen AFF kali ini.

Baca juga:  Aturan Baru Mudik Tahun Ini, Dilarang Makan, Minum Juga Ngobrol di Sepanjang Perjalanan. 

 

“Ini adalah grup yang sulit, ketika Vietnam dan Malaysia berbagi grup yang sama dengan Indonesia, Laos dan Kamboja, Indonesia menghadirkan tim muda yang potensial ke turnamen ini, tetapi dibandingkan dengan para pesaingnya, para pemain muda itu masih minim berpengalaman,” kata Safee Sali.

Sementara itu Shin Tae-yong tetap optimis anak asuhannya akan bermain baik pada turnamen ini jika mereka menerapkan strategi yang dia siapkan dengan baik.

” Kami telah melakukan persiapan dengan baik dan setelah mengamati dua pertandingan langsung. Saya merasa kita bisa menang jika Indonesia bisa memainkan permainan sesuai intruksi,” ucap Shin Tae-yong, seperti disadur dari laman resmi PSSI

Baca juga:  Persiapan Piala Asia 2023, Timnas Takluk 4-0 Atas Libya Dipertandingan Pertama 

Pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan bahwa didalam sepakbola, hasil pertandingan tetap tidak bisa diprediksi seutuhnya.

“Saya sudah melihat pertandingan Kamboja melawan Malaysia yang berlangsung sangat baik. Tapi, sepak bola tidak bisa diprediksi dan kami akan lebih fokus untuk mengambil penguasaan bola dari Kamboja,” lanjutnya.

Secara matematika, Timnas Indonesia memang jauh lebih unggul ketimbang Kamboja. Bahkan Timnas Indonesia sendiri sempat beberapa kali mencatatkan kemenangan telak dari sang calon lawan di ajang Piala AFF pada edisi-edisi sebelumnya.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak menjanjikan Timnas Indonesia bisa membawa pulang Piala AFF edisi 2020.

Di babak penyisihan, Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B. Negara-negara yang bakal jadi lawan Skuad Garuda yaitu Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia.

Kamboja akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup B (9/12). Setelah itu, skuad Garuda bakal berhadapan dengan Laos (12/12).

Baca juga:  Terima Penghargaan Inisiator Olahraga 2022, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani : Tidak ada atlet dadakan

Lalu pada 15 Desember 2021, giliran Vietnam yang jadi lawan Timnas Indonesia. Kemudian di laga pamungkas, Skuad Garuda bakal berhadapan dengan Malaysia (19/12).

Shin Tae-yong menyadari tidak akan mudah menjuarai Piala AFF 2020. Sebab baru memasuki babak penyisihan saja, Timnas Indonesia akan menghadapi tim kuat seperti Vietnam atau Malaysia.

Vietnam adalah juara Piala AFF 2008 dan 2018. Sementara Malaysia pernah menjadi kampiun turnamen ini pada edisi 2010.

“Memang di Grup B ada Vietnam yang sudah juara turnamen sebelumnya, dan juga ada Malaysia yang memang bersaing ketat dengan Indonesia, dan ada Kamboja dan Laos juga, semua tim yang baik,” kata Shin Tae-yong. (iwan)