Diduga Korsleting Listrik, 12 Ton Gabah di Gudang Tuban Hangus dilalap Si Jago Merah. 

JATIMTIME.COM – TUBAN || Gudang yang dipergunakan untuk pengeringan gabah di Dusun Mener, Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban hangus dilalap api. Gudang milik Pujianto tersebut ludes hingga membakar habis belasan ton Gabah yang berada di dalamnya.

 

IPTU Khoirul Amat, Kapolsek Soko, Polres Tuban menjelaskan dugaan awal kebakaran terjadi karena adanya korsleting listrik pada mesin Oven yang digunakan untuk mengeringkan gabah itu.

 

“Dugaan semetara kebakaran akibat Korsleting Listrik dari mesin dinamo oven gabah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya kerugian materiil kurang lebih seratus juta rupiah,” terang Khoirul.

Baca juga:  Teror Ular di Tuban Terus Berlanjut, Masyarakat Resah dan Hewan Ternak Jadi Mangsanya

 

Khoirul menyebutkan bahwa kejadian kebakaran gudang pengering Gabah yang baru panen itu pertama kali diketahui oleh salah satu warga setempat. Yang mana, warga yang sedang melintas di jalan sekitar gudang itu mengetahui asap mengepul berasal dari tempat tersebut.

 

“Pertama kali kebakaran itu diketahui oleh warga yang mau ke warung dan melintas di jalan sekitar gudang. Saat itu saksi melihat kepulan asap tebal sudah menyelimuti gudang mesin oven Gabah tersebut,” terang Khoirul saat dikonfirmasi kejadian kebakaran itu.

Baca juga:  Kronologi Meninggalnya Dokter Muda Anggota IDI Cabang Gresik Akibat Bunuh Diri di Malang. 

Mengetahui kejadian kebakaran di gudang tersebut, saksi langsung berteriak meminta tolong kepada warga sekitar untuk memadamkan api. Namun, karena kodisi mesin Oven sedang beroperasi sehingga membuat api dengan cepat membesar dan membakar gudang itu beserta isinya.

 

Khoirul juga menambahkan bahwa bangunan yang digunakan semi permanen, untuk kerugian sebanyak 12 ton gabah dan alat yang dipergunakan untuk oven gabah milik korban habis terbakar.

 

Baca juga:  "Istana Bawah Tanah" di Mojokerto dengan Dinding Bertuliskan Kalimat Thoyyibah

 

“Kita yang mendapatkan laporan dari warga langsung menghubungi petugas PMK Tuban untuk melakukan pemadaman. Akibat kejadian tersebut bangunan semi permanen, alat yang digunakan oven gabah dan gabah sekitar 12 ton habis terbakar,” sambungnya.

 

Sementara itu, api berhasil dipadamkan sekitar dua jam setelah beberapa unit kendaraan PMK dari Tuban dikerahkan ke lokasi. Selanjutnya, setelah api berhasil dipadamkan petugas dari kepolisian Polsek Soko langsung melakukan olah TKP guna mengetahui penyebab pasti kebakaran gudang gabah itu. (iwan)