Bu Min Lantik Puluhan Pramuka Garuda, Sampaikan Pesan Kemandirian Dan Masifkan Gerakan Zero Waste

GRESIK ||  Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gresik, melantik 45 anggota Pramuka Garuda gugus depan 09.003-004 pangkalan UPT SMP Negeri 1 Gresik.

 

Bertempat di halaman sekolah UPT SMP Negeri 1 Gresik, Jum’at (24/02), kegiatan ini dihadiri pula oleh para wali murid anggota pramuka yang dilantik.

 

Bu Min, begitu wabup kerap disapa, menyampaikan bahwa melalui gerakan Pramuka, generasi muda dicetak untuk menjadi generasi yang mandiri.

 

Baca juga:  Silaturahmi Bersama Karyawan Lokal PT. Freeport Indonesia, Bupati Gresik Gus Yani Ingatkan Untuk Terus Upgrade Kualitas Diri

“Anak-anak pramuka dididik menjadi seorang anak yang mandiri luar dalam, baik jasmani maupun rohani. Semuanya juga harus sesuai janjinya tadi, yakni berprilaku dengan berlandaskan pancasila dan cinta NKRI,” ujar Bu Min.

Bu Min juga mengaku bangga dengan banyaknya anggota Pramuka Garuda yang dilantik hari ini. Hal ini lantaran untuk menjadi Pramuka Garuda, harus sudah memperoleh kompetensi yamg sudah disyaratkan, dan itu tidak mudah.

 

Lebih lanjut, dalam kesempatan ini Bu Min juga menitip pesan terkait kesadaran menjaga lingkungan. Hal ini terkait isu persampahan yang saat ini menjadi salah satu isu penting di Kabupaten Gresik. Bu Min mengajak anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran akan lingkungan, utamanya dalam penggunaan barang kemasan plastik.

Baca juga:  Launching Buku Piknik Literasi, Bupati Gus Yani Dorong Anak Muda Melek Baca Tulis

 

“Permasalahan di Kabupaten Gresik salah satunya adalah soal sampah. Oleh karenanya saya mengajak anak-anak semua untuk mulai membudayakan _zero waste_ , baik dari sampah plastik maupun anorganik. Untuk minuman contohnya, bisa dimulai dengan membawa botol minuman sendiri,” kata Bu Min.

Baca juga:  Kostum Daur Ulang Tarik Perhatian di Jember Fashion Carnaval 2023

 

Sebagai informasi Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka baik Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega. Upacara pelantikan Pramuka Garuda kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional persembahan anak-anak Pramuka SMPN 1 Gresik.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Hariyanto, Ketua Mabiran yang juga Camat Gresik Arief Wicaksono, serta ketua Kwaran gerakan Pramuka Drs. Parwah.