Bu Min Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas BPD Se-Kecamatan Manyar, Tingkatkan Kapasitas BPD Untuk Wujudkan Gresik Baru.

GRESIK, JATIMTIME.COM – Perkumpulan BPD yang berada di wilayah Kecamatan Manyar menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan mengusung tema “BPD Berdaya, Berkarya Profesional, Bersinergi Membangun Desa Untuk Mewujudkan Gresik Baru”.

Peningkatan Kapasitas BPD ini dinilai penting, hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua perkumpulan BPD Manyar, Ma’aruf Nursyam dalam sambutannya dihadapan perkumpulan BPD dan kepala desa di wilayah Kecamatan Manyar yang hadir.

“BPD harus berdaya, profesional, tahu tupoksi dan benar-benar sadar bahwa keberadaan kita penting untuk mengawal pembangunan di desa kita masing-masing,” ungkap Nursyam.

Ditambahkan juga oleh Camat Manyar Moh. Nadlelah bahwa lewat kegiatan ini juga diharapkan untuk mempertegas komunikasi dan koordinasi antara BPD dan kepala desa.

Baca juga:  Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah Pimpin Apel Peringatan Hari Besar Pramuka Ke-62

“Kegiatan peningkatan kapasitas ini sangat luar biasa, dan harapannya bisa berkembang untuk kepala desa beserta perangkat desanya serta yang semua yang berhubungan dengan kelengkapan yang ada di desa,” ujar Wakil Bupati Aminatun Habibah (Bu Min) saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas BPD se-Kecamatan Manyar, Selasa (30/11).

Hal ini menurut Bu Min perlu dilakukan karena seiring perkembangan zaman kita membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni didalam pengelolaan desa.

Bu Min juga menyinggung adanya beberapa desa di daerah Manyar yang memiliki dana APBDes yang tinggi karena didukung oleh perusahaan-perusahaan disekitarnya.

Baca juga:  Sidak Rumah Pompa Air Pengendali Banjir, Gus Yani Sesalkan Adanya Tumpukan Sampah Liar. 

“Pertanyaannya, apakah dengan APBDes yang tinggi ini bisa mensejahterakan masyarakat di wilayahnya dan bisa mendukung masyarakat agar tidak menjadi pengangguran,” tanya Bu Min.

BPD, karena tupoksinya memberikan pengawasan dan masukan terhadap kepala desa, maka harus membantu masyarakat untuk bisa terlayani dengan baik lewat program-program yang ada di desa. Hal lain yang dititipkan Bu Min kepada peserta Peningkatan kapasitas BPD se-Kecamatan Manyar adalah kesesuaian data yang ada dengan kondisi real di masyarakat.

“Data yang ada di desa dengan pengawasan dari BPD harus diperbaiki sebaik-baiknya, supaya nanti yang terekam itu adalah kondisi yang sesungguhnya. Sudah tidak jamannya memasukkan keluarga atau orang yang tidak berhak untuk masuk kedalam penerima bantuan sosial, alangkah baiknya bantuan ini kita berikan kepada masyarakat yang benar-benar layak untuk menerima,” pesan Bu Min.

Baca juga:  Buka Rapat Kerja Cabang, Seminar dan Workshop Perizinan Apotek, Ini Pesan Bupati Yani.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas BPD merupakan kolaborasi antara Kecamatan Manyat dengan Dinas PMD Kabupaten Gresik. Acara diisi dengan pemberian materi baik dari kepala Dinas PMD Gresik Malahatul Farda, Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir, dan akademisi dari Univ. Gresik Dr. Suyanto. (nda)