Sedekah Bumi Desa Tumapel, Wujud Rasa Syukur Atas Karunia Tuhan.

DUDUKSAMPEYAN || Bertempat di Pesarean Makam Desa Tumapel Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik telah berlangsung puncak acara Sedekah Bumi serta Haul Syekh Ahsanuddin Qoyyim (Mbah Raden Cilik), Kamis (08/09/2022).

Acara ini merupakan agenda rutin tahunan bagi warga masyarakat desa sebagai wujud penghormatan dan rasa syukur kepada Allah SWT. Acara sedekah bumi dan haul sendiri juga dihadiri para tokoh kyai, pejabat terkait seperti Bapak Camat, Kapolsek dan Danramil, para tokoh masyarakat, segenap perangkat desa, serta segenap masyarakat setempat dan pengisi acara oleh Syaiful Arif dari surabaya dan habib Ahmad dari gresik.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik, Nursaidah dalam sambutannya mengingatkan agar tradisi seperti ini tetap dilestarikan dan tentunya juga terus mengingatkan agar warga masyarakat Desa Tumapel tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah karena kesehatan adalah hal utama bagi masyarakat.

Baca juga:  Peringatan! Tahun Depan Indonesia Mengalami Gerhana Matahari Hibrida Saat Akhir Ramadhan 1444 Hijriah. 

Acara sedekah bumi dan haul Syekh Ahsanuddin Qoyyim (mbah Raden Cilik) lalu dilanjutkan dengan Pembacaan Yasin, tahlil dan kirim doa bagi segenap leluhur warga desa.

Baca juga:  Wabup Bu Min Berangkatkan 4.000 Peserta Gowes Lintas Tambak

Ibu Ziadatul Akmal, SH selaku Kepala Desa Tumapel dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara ini sendiri merupakan wujud ungkapan rasa syukur warga masyarakat atas karunia yang diberikan Allah SWT dan sekaligus sebagai wujud penghormatan kepada leluhur yang telah tiada.

Baca juga:  Akhir Tahun Ini, 3.500 Rumah Di Duduksampeyan Akan Dialiri Air Umbulan

“Banyak hal-hal positif yang dapat diambil dari pelaksanaan tradisi sedekah bumi dan haul tersebut. Di dalamnya ada nilai-nilai luhur yang dapat dipetik bagi generasi penerus nantinya,” ungkap Ziadatul.(iwan)