Ribuan Potong Tahu Goreng Disajikan Dalam Festival Banjir Tahu Lumajang 

LUMAJANG || Festival Banjir Tahu yang memasuki tahun keempat digelar di Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. Even ini dilangsungkan tanggal 12-13 November 2022 dengan berbagai kegiatan.

 

Kepala Desa Kunir Kidul, Derajat Ali Fatoni menyampaikan bahwa even tahun jnj menampilkan sisi yang belum pernah ditampilkan pada edisi sebelumnya.

 

“Festival Banjir Tahu tahun ini mengusung konsep yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun kirab tumpeng tahu tetap ada,” kata Derajat Ali Fatoni dalam rilis yang diterima di Lumajang, Jatim, Minggu.

 

Baca juga:  Polres Tanjungperak Tangkap Komplotan Pencurian Mobil

Festival Banjir Tahu ini nantinya menampilkan kirab tumpeng tahu pada pelaksanaan puncak pada Minggu malam. Even ini nantinya diharapkan dapat membangkitkan geliat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) usai pandemi di kabupaten tersebut.

 

“Kami terus mengupayakan ada inovasi di setiap penyelenggaraan, ada evaluasi dan dibenahi, sehingga akan disempurnakan terus, tapi kirab tumpeng tahu itu tetap menjadi ikon kegiatan Festival Banjir Tahu,” tuturnya.

Menurutnya, pihak panitia telah menyiapkan ribuan potong tahu goreng yang dilengkapi dengan petis dan cabai untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis yang datang pada kegiatan festival tersebut.

Baca juga:  Masuk Proses Tender, Ruas Betoyo Dagang Ditargetkan Selesai Akhir Tahun Ini

 

“Makan tahu bersama telah dilaksanakan setelah gowes bareng, sehingga peserta dan masyarakat makan tahu secara bersama sama secara gratis dan sepuasnya,” katanya.

 

Ia menjelaskan penyelenggaraan Festival Banjir Tahu diharapkan dapat meningkatkan dan membangkitkan UMKM di Desa Kunir Kidul pascapandemi COVID-19.

 

“Dengan kegiatan itu diharapkan produksi tahu tempe Desa Kunir Kidul dikenal oleh seluruh masyarakat Lumajang. Silahkan daerah lain membuat produk olahan tahu, tapi tetap bahan bakunya dari tahu Kunir Kidul,” ujarnya.

 

Salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Banjir Tahu yakni Fashion Show Busana Daur Ulang Sampah bagi anak-anak yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Musfarinah Thoriq.

Baca juga:  Dibikin Mulus, Ruas Jalan Randegansari - Bangkingan Ditargetkan Rampung Bulan September 2023.

 

Kegiatan itu juga merupakan salah satu program PKK yaitu mengajak masyarakat mengurangi limbah plastik atau yang dikenal dengan program Mengajak Rakyat Bersihkan Limbah Plastik atau disingkat “Merak Berlipstik”. (iwan)