Polisi Gebuk Pelaku Pemalsuan Kartu Vaksin Saat Langgar Lalu-lintas di Malang 

JATIMTIME.COM – MAPANG || Pemalsuan kartu vaksin berhasil diungkap saat seorang pelanggar lalu lintas diamankan lantaran kedapatan membawa kartu vaksin palsu hingga KTP palsu pada Kamis (10/2/2022). Pelanggar yang diketahui bekerja di sebuah tempat foto kopi itu kini masih menjalani pemeriksaan di Polresta Malang.

 

Ipda Eko Novianto, Kasi Humas Polresta Malang mengatakan pelaku yang diamankan adalah AA (27). Petugas mengamankan AA karena mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm. Saat dilakukan pemeriksaan petugas mendapati beberapa dokumen identitas yang diduga palsu.

Baca juga:  Bola Salju, Harta Kekayaan Rafael Pejabat Pajak Diperiksa KPK

 

“Awalnya anggota melakukan kegiatan pengendalian masyarakat, disaat yang sama yang bersangkutan ditahan karena tidak menggunakan helm saat berkendara. Anggota kemudian melakukan pemeriksaan seperti SIM dan STNK dan ditemukan beberapa dokumen identitas yang diduga palsu seperti Kartu Vaksin,” kata Kasi Humas Polresta Malang, IPDA Eko Novianto, Kamis (10/2/2022).

 

Eko Novianto menambahkan bahwa tidak hanya kartu vaksin yang dipalsukan, pelaku AA (27) diduga kuat melakukan pemalsuan dokumen lainnya seperti KTP dan SIM C. AA juga diketahui bekerja di salah satu usaha Fotokopi di Kota Malang selama tiga tahun.

Baca juga:  Beberapa Fakta Kasus Mutilasi 65 Bagian Tubuh di Sleman 

“Hal ini terungkap saat Polantas meminta AA menunjukkan SIM nya, setelah diteliti SIM yang pelaku gunakan juga palsu karena berbeda dengan data identitas lainnya,” jelas Eko Novianto.

 

Dari hasil pemeriksaan sementara lanjut Eko, AA mengakui perbuatannya telah melakukan pemalsuan dokumen identitas untuk mengelabui petugas di lapangan saat diberlakukan PSBB.

 

Selain itu, AA yang bekerja di usaha fotokopi di Kota Malang juga menerima jasa pembuatan KTP yang diduplikasi sesuai aslinya dan menerbitkan kartu vaksin palsu yang bisa digunakan oleh pemesan kartu tanpa melaksanakan vaksinasi.

Baca juga:  Pelaku Utama Pembunuh Ibu Mertua Bupati Lamongan, Tewas Gantung Diri

 

“Pelaku mengakui perbuatannya dengan dalih untuk mengelabui petugas di masa pemberlakuan PSBB. AA juga menerima jasa pembuatan KTP dan Kartu Vaksin,” jelas Eko Novianto.

 

Kini petugas kepolisian telah mengamankan barang bukti dan pelaku di Polresta Malang untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (iwan)