Permohonan Naturalisasinya Dikabulkan DPR RI, Shayne Pattynama Selangkah Lagi Berkostum Timnas. 

NASIONAL || Setelah permohonan atas naturalisasiny sebagai Warga Negara Indonesia sudah disepakati oleh Komisi III dan X DPR RI, kini Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta pada Kamis (17/11/2022) telah mengabulkan permohonan naturalisasi calon pemain timnas Indonesia Shayne Pattynama.

 

Pada rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani tersebut, seluruh anggota secara aklamasi menyepakati permohonan Shayne Pattynama.

 

Permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Shayne Pattynama diajukan Presiden RI Joko Widodo lewat surat nomor 36.

 

“Sesuai hasil rapat konsultasi pengganti rapat Bamus, antara pimpinan DPR RI dengan pimpinan fraksi tanggal 16 November,” ujar Puan dalam siaran langsung Rapat Paripurna di Youtube DPR RI pada Kamis (17/11/2022).

Baca juga:  Bupati Sampang Berhasil Realisasikan Hibah Aset Pelabuhan Tanglok dari Kemenhub RI

 

“Menyetujui hasil pembahasan komisi III dan Komisi X.”

 

“Sehubungan dengan itu kami memintakan persetujuan pada rapat paripurna hari ini apakah pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Shayne Ellian Jay Pattynama dapat disetujui?”

 

Seluruh anggota DPR RI pun langsung menjawab kata setuju secara bersama-sama sebagai tanda kesepakatan. Dengan keputusan yang sudah final, Puan Maharani lalu mengetok palu sekali sebagai tanda diterimanya permohonan naturalisasi Shayne Pattynama oleh DPR RI.

Baca juga:  Karena Dendam, Pemuda Asal Probolinggo Dibunuh Oleh Empat Temannya Seusai Pesta Miras

 

“Terima kasih. Selanjutnya persetujuan tersebut akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku,” ucap Puan dalam Sidang Paripurna DPR.

 

Dengan demikian proses naturalisasi Shayne Pattynama kembali ke Sekretariat Negara. Selanjutnya Presiden Jokowi akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres).

 

Setelah keluar Keputusan Presiden, nantinya Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan mengundang pemain bersangkutan untuk menghadiri pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia dan pemberian paspor.

 

Sebelumnya, dua nama pemain lainnya, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat bakal melaksanakan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia. Keduanya bakal menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia pada Kamis (17/11/2022).

Baca juga:  Seminar Nasional Peringatan Hari Pers Nasional Jawa Timur 2022, Ajang Sharing Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah

 

Nama Shayne Pattynama sendiri diproyeksikan bakal jadi kekuatan utama timnas Indonesia di lini belakang. Bersama Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Elkan Baggott, mereka akan menjadi tulang punggung timnas Indonesia di lini belakang.

 

Sandy Walsh sendiri berposisi sebagai bek kanan, Jordi Amat dan Elkan Baggott jadi bek tengah untuk timnas Indonesia. Posisi Shayne Pattynama sendiri adalah seorang bek kiri, yang sesuai dengan proyeksi dari pelatih timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong. (iwan)