Peringatan Haornas ke-40 Digelar di Bandar Grissee, Bupati Gresik Janjikan Bonus Peraih Medali Porprov Jatim

GRESIK || Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, menjanjikan bonus untuk atlet yang meraih medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VIII tahun 2023.

 

Hal ini disampaikan Gus Yani sapaan akrab bupati, saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023. Kegiatan digelar di Bandar Grissee, Sabtu (21/10/2023).

 

“Insya Allah bonusnya tetap kita cairkan, untuk peraih medali emas Rp 35 juta, peraih medali perak Rp 25 juta dan peraih medali perunggu Rp 20 juta. Mudah-mudahan bonus ini menjadikan motivasi, semangat dan prestasi para atlet, “terang Gus Yani.

 

Dirinya berharap, kepada pelatih, atlet, rumah besarnya KONI, rajin berkomunikasi. Apa yang diperlukan, fasilitas apa yang diperlukan untuk atlet agar maksimal di pertandingan ke depannya.

 

“Tidak boleh lagi ada atlet kita tidak bisa memakai tempat untuk berlatih. Karena prestasi olahraga tidak bisa didapatkan secara instan. Kesuksesan tidak diraih hanya secara akademik namun bisa melalui olahraga, “tegasnya.

Baca juga:  Keselamatan Pelayaran Jadi Poin Kemajuan Wisata Pulau Bawean. 

 

Untuk menunjang harapan itu, dalam kesempatan tersebut bupati milenial menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik akan mensupport terus kegiatan atlet. Jika berprestasi nantinya akan membawa nama harum Gresik baik baik tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

 

“Peran dinas, KONI, pelatih dan official harus mendengar apa yang diperlukan atlet, speed nya harus ditambah. Selain itu anggarannya juga sudah ditambah, ini agar anak-anak muda Gresik berprestasi. Baik dijalur akademik maupun non akademik, “tandasnya.

 

Di tempat sama, Kepala Disparekrafbudpora Gresik Saifuddin Ghozali mengatakan, Haornas dilaksanakan dengan rangkaian menyambut atlet yang berlaga di ajang Porprov Jatim. Menurutnya tahun ini Kabupaten Gresik mendapatkan poin lebih, dari tahun sebelumnya dan masuk langganan 10 besar.

“Sambutan yang luar biasa dari Bupati Gresik. Terima kasih banyak kepada para atlet, pelatih dan semuanya yang telah membanggakan di ajang Porprov VIII Jatim. Target kita di Porprov berikutnya mudah-mudahan masuk dalam 3 besar, “singkatnya.

Baca juga:  Fenomena Alam Perigee, Wilayah Pantai Surabaya Terancam Banjir

 

Sementara, Ketua KONI Gresik dr. Anis Ambiyo Putri dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan Haornas. Sekaligus memberikan apresiasi, kepada atlet serta mengenalkan 48 cabang olahraga (Cabor) melalui pameran olahraga kepada masyarakat.

 

“Pada ajang Porprov Jatim VIII terdapat 53 Cabor, jumlah atlet dan ofisial kontingen Kabupaten Gresik 634. Diantaranya 493 atlet dan 141 official dan sebanyak 48 Cabor yang diikuti, “terang Anis.

 

Dirinya menjelaskan, ada peningkatan perolehan medali. Tahun sebelumnya Gresik mendapatkan 227 poin, alhamdulilah tahun 2023 naik 250 poin. Dari prestasi atlet Porprov ada 3 Cabor yang menjadi juara umum, yakni Cabor senam, arung jeram, dan Hoky.

 

“Kami akan terus berupaya, dalam meningkatkan prestasi untuk mempersiapkan atlet pada Porprov mendatang untuk masuk 3 besar. Sesuai harapan bupati, dan masyarakat Kabupaten Gresik, “tutup Anis.

Baca juga:  Jajakan Wanita Penghibur Mulai Harga 50 Ribu Rupiah, Lima Mucikari Digaruk Aparat Tuban

 

Pada kesempatan tersebut bupati turut memberikan reward kepada 15 atlet dan 2 pelatih asal Kabupaten Gresik yang meraih medali pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke-XVI tahun 2023 yang digelar di Kota Palembang dari tanggal 26 Agustus hingga 6 September.

 

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) juga memberikan reward kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dari Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan yang diwakili oleh Rektor Unesa Prof. Nur Hasan, M.kes.

 

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala OPD lingkup Pemkab Gresik, Dirut BUMD, Kadin Gresik, perwakilan perusahaan, pelatih, official, atlet, serta ketua dan pengurus Cabor di bawah naungan KONI Gresik.