Hadiri Pembentukan DPD ASOBSI Gresik, Bupati Yani ; Jalin Sinergi dengan Relawan Peduli Lingkungan

GRESIK, JATIMTIME.COM – Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Kabupaten Gresik  pada Senin (20/12/2021) bertempat di Aula Mandala Bhakti Praja Kantor Pemkab Gresik.

Acara yang diikuti sebanyak 275 anggota Asosiasi Bank Sampah Gresik serta 43 Asosiasi Bank Sampah Indonesia Gresik dengan metode hybrid melalui aplikasi zoom meeting yang difasilitasi Diskominfo Kabupaten Gresik juga diselenggarakan melalui tatap muka di Aula Mandala Bhakti Praja Kantor Pemerintah Kabupaten Gresik tersebut juga di Fasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik sesuai prosedur Protokol Kesehatan yang ketat.

Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani yang akrab disapa Ning Nurul, pada Kesempatan menyampaikan, Indonesia sudah darurat sampah jika tidak ada agen agen dari Bank sampah termasuk Komunitas penggiat lingkungan maka akan menjadi suatu bom waktu.

Menurutnya bank sampah merupakan mitra dan wadah kita yang sangat peduli lingkungan dalam pengelolaan dan pengurangan sampah, dengan kreasi dan kreatifitasnya dalam pengelolaan sampah dapat memacu perekonomian,”tandasnya.

Sementara itu Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya menyampaikan, Permasalahan sampah akhir akhir ini sudah sangat meresahkan sampah yang timbul ini perlu kesadaran kita bersama stakeholder dan komunitas penggiat lingkungan menjadi pemikiran kita bersama.

Baca juga:  KUNJUNGI GRESIK, MENTERI KOPERASI DAN UKM RI LEPAS EKSPOR PRODUK PERTANIAN MANGGA UMKM GRESIK KE SINGAPURA BERSAMA BUPATI FANDI AKHMAD YANI. 

Ia menambahkan jika dalam pengelolaan sampah kita dapat melakukan sendiri namun harus menggandeng dan menjalin sinergitas dengan komunitas penggiat lingkungan.

Kontribusi penggiat peduli lingkungan menjadi pelopor keteladanan yang inspiratif dan terus mengedukasi sebagai inspirasi kita semua dimana ada nilai tambah dalam mengurai dan pengelolaan sampah,”imbuhnya.

Dengan pengelolaan sampah lingkungan menjadi bersih, dengan niat yang ikhlas dan kuat mudah-mudahan Tempat Pengelolaan Sampah di Telaga Ngipik dan Belahan Rejo segera terealisasi di tahun 2022.

Dinas Lingkungan Hidup harus Bangun Sinergitas dengan Bank Sampah dan Ekoton maupun penggiat lingkungan lainnya untuk berinovasi dalam pengelolaan sampah,”ucap Bupati Yani.

Baca juga:  RIG Bersama 29 Band Lokal dan Komunitas Gresik-Surabaya Gelar Konser Amal Untuk Korban Semeru.

Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik sangat mengpresiasi dan mendukung dalam pengelolaan dan penanganan sampah untuk mewujudkan Bank Sampah yang Kreatif dan Inovatif menuju Gresik Smart City,”tandasnya.

Turut hadir dalam acara, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani, Ketua Forum Gresik Kabupaten Sehat, dr. Mawar, Ketua DPD ASOBSI Kabupaten Gresik, Siti Fitria, Ketua DPP ASOBSI Prov Jatim, Amar. P, Mewakili Kadis DLH Gresik, Irwanto, serta Perwakilan Dari, PATTIRO, Dinas Kesehatan, dan Dinas PUTR Kabupaten Gresik.(Fad)