BREAKING NEWS! Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panasnya

MALANG, JATIMTIME.COM – Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terlihat kembali erupsi dan memuntahkan awan panas pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Gunung api aktif itu mengeluarkan abu serta asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar. Akibat aktivitasnya itu, warga sekitar termasuk penggali pasir di aliran Sungai Leprak panik berlarian menjauh.

Erupsi gunung itu sempat mengakibatkan hujan abu di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Baca juga:  Tim Sar Ditpolairud Polda Jatim Berhasil Temukan Penumpang yang Lompat dari KM Gunung Dempo

Erupsi hebat ini mengakibatkan warga panik dan berlarian serta membawa kendaraan bermotor di jalan unutk menyelamatkan diri. Dari sejumlah video beredar di media sosial, Gunung Semeru erupsi sekitar pukul 15.00 WIB tadi.

Baca juga:  Tawuran Dua Kelompok Pemuda di Mojokerto, Satu Tewas Mengenaskan. 

Anggota Polsek Candipuro yang berjaga di lokasi terus meminta warga terutama sopir truk pengangkut pasir segera menghindar.

“Ayo Pak, menyingkir, Pak,” kata Ismail, salah seorang petugas Polsek Candipuro.

Dari media sosial seperti akun Instagram @lumajangsatu memperlihatkan detik-detik peristiwa erupsi Gunung Semeru. Dari video tersebut terlihat muntahan awan pekat membumbung tinggi ke arah pemukiman warga.

Baca juga:  Lama Tak Ditempati, Warung Makan Ludes Dilalap SiJago Merah.

Kami belum menerima pernyataan resmi dari pihak berwenang terkait erupsi Gunung Semeru tersebut. Namun, viralnya video detik-detik Semeru memuntahkan awan panas mulai ramai diperbincangkan warganet. (iwan)